Ciri-Ciri Undangan Pernikahan Jawa Yang Dapat Anda Kenali

undangan pernikahan Jawa memang sudah sesuatu yang umum dilakukan oleh orang Jawa, namun mungkin beberapa dari anda kurang paham akan inti sari yang terdapat di dalamnya. Undangan pernikahan dengan nuansa yang khas dengan budaya atau etnik tertentu memang masih banyak ditemukan.

Undangan pernikahan Jawa tentunya tidak dapat sembarang dibikin, mungkin jalan aman satu-satunya adalah copy dan paste dari template undangan berbahasa Jawa yang sudah ada sebelumnya. Namun paling tidak, anda juga harus mengetahui isinya ya?! Sastra Jawa memang bukanlah hal yang mudah untuk di pelajari, akan tetapi bukan hal yang tidak mungkin bukan?! Begitu banyak doa-doa yang tersirat dalam Bahasa Jawa (kejawen).

Selain menciptakan kesan yang unik dan menarik, undangan bertemakan suatu budaya atau etnik tertentu juga merupakan salah satu cara untuk melestarikan sekaligus memperkenalkan budaya atau etnik itu sendiri. Yang masih banyak ditemukan saat ini misalnya adalah undangan pernikahan Jawa. Undangan ini digunakan oleh pasangan yang salah satu atau keduanya merupakan keturunan orang Jawa. Jika ingin membuatnya, Anda perlu mengenali ciri-cirinya berikut ini!

undangan pernikahan Jawa terbaru

undangan pernikahan Jawa terbaru

Tampilan Undangan Pernikahan Jawa

Umumnya, undangan pernikahan Jawa dapat dikenali bahkan hanya dari tampilan luarnya saja. Jawa sangat dikenal oleh beragam batiknya yang cantik maupun wayangnya yang gagah. Salah satu atau keduanya biasanya diaplikasikan pada cover undangan pernikahan untuk menampilkan kesan yang sangat etnik namun tetap mewah dan elegan. Wayang yang banyak ditampilkan biasanya wayang gunungan, walaupun tidak sedikit juga yang menampilkan wayang orang. Undangan juga pada umumnya didominasi oleh warna coklat, meskipun tidak menutup kemungkinan menggunakan warna lain seperti merah, biru, atau hitam sekalipun.

Isi Undangan Pernikahan Jawa

Setelah memperhatikan tampilan luarnya, kini saatnya memperhatikan bagaimana isinya. Format isi undangan pernikahan Jawa sebenarnya tidak jauh berbeda dengan format pada undangan pernikahan lain pada umumnya, seperti kata-kata pembuka, informasi pernikahan, harapan, ucapan terima kasih, dan doa-doa atau kata-kata mutiara. Bedanya hanya dalam penggunaan bahasa. Pernikahan Jawa tentu saja menggunakan bahasa Jawa dalam penyusunan kalimatnya, membuat undangan menjadi semakin terasa nuansa etnik Jawanya. Penggunaan bahasanya pun halus dan sopan. Jika Anda kesulitan membuatnya, Anda dapat mencari contoh membuat undangan pernikahan bahasa Jawa yang akan dengan mudah ditemukan di internet.

Meskipun tampilan luar dan isinya sangat penting untuk menciptakan nuansa etnik Jawa, Anda tidak harus menerapkan keduanya sekaligus. Banyak juga undangan pernikahan Jawa yang hanya menggunakan tampilan luarnya saja yang bernuansa Jawa sementara isinya menggunakan bahasa Indonesia, atau tampilan luarnya tidak bernuansa Jawa tetapi bagian isinya menggunakan bahasa Jawa.